Identifikasi Masalah

Peneliti biasanya mendefinisikan masalah mereka untuk diselidiki dari perspektif ini. Misalnya, kita idealnya ingin tidak ada barang yang cacat , persediaan barang yang tidak terjual rendah, kuotasi saham yang tinggi di pasar saham, dan sebagainya. “Masalah” ini kemudian bisa menjadi fokus penelitian.

Sangat penting untuk mendefinisikan masalah dengan baik agar dapat menemukan solusi yang sesuai dengan masalah tersebut agar dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan baik. Apabila salah dalam mendefinisikan sebuah masalah maka solusi yang sudah diberikan akan sia-sia atau tidak berhasil. Misalnya, permasalahannya tingkat kinerja karyawan menurun. Alhasil setelah manajer mengidentifikasi masalahnya mungkin manajer telah mencoba meningkatkan produktivitas dengan meningkatkan upah per satuan, tetapi jauh dari kata berhasil. Namun sebenarnya permasalah terbesarnya terdapat pada rendahnya semangat dan motivasi karyawan yang merasa mereka tidak diakui sebagai kontributor yang berharga dari perusahaan.

Oleh karena itu, menemukan jawaban yang "benar" untuk definisi masalah yang "salah" tidak akan membantu. Identifikasi masalah yang benar sangat penting, dibutuhkan pemahaman dan harus mencari tahu dengan persis apa masalahnya untuk menemukan solusi untuk masalah yang tepat. Setelah masalah teridentifikasi, belum pasti bahwa masalah tersebut layak dan sesuai untuk diteliti oleh kita. Peneliti harus menyadari penyebab dan karakter masalah dalam istilah yang jelas melalui diskusi dan studi tentang lingkungan di mana masalah harus dipecahkan. Biasanya dalam mengidentifikasikan atau menemukan masalah penelitian ditemukan lebih dari satu masalah dan beragam.

Dari masalah-masalah tersebut perlu dipilih salah satu, yaitu mana yang paling layak dan sesuai untuk diteliti. Jika yang ditemukan itu sekiranya hanya satu masalah, masalah tersebut juga harus dipertimbangkan layak dan tidaknya serta sesuai atau tidaknya untuk diteliti.

Maka, pertimbangan yang matang untuk memilih atau menentukan apakah masalah tersebut layak, sesuai dan untuk diteliti sangatlah penting untuk kelancaran dan kesuksesan untuk membuat sebuah tulisan penelitian.