Literature Review

Literature Review adalah sebuah rangkuman dari sebuah sumber informasi (Buku, Jurnal, Artikel, dan lain lain) yang berhubungan dengan sebuah riset/topik tertentu. Didalam sebuah Literature Review anda sebagai penulis menempatkan diri anda di tengah tengah kumpulan informasi yang telah terkumpul tersebut dan mulai membuat koneksi di antara hal yang sedang anda riset dengan informasi yang tersedia di dalam buku, jurnal atau artikel tersebut. Dan anda adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengevaluasi sumber sumber yang anda dapatkan.

Tujuan dari pembuatan sebuah Literature Review adalah agar para penulis/peneliti dapat mengerti dan mengetahui bagaimana hasil riset mereka bisa memberikan kontribusi keilmuan pada topik yang sedang dibahas.

Hal tersebut tidak akan bisa tercapai jika sang penulis hanya mengada-ada atau hal yang mereka teliti telah dilakukan sebelumnya. Oleh karena itu, para pembuat Literature Review perlu membaca studi-studi terdahulu untuk mendapat gambaran dan mencari tahu apa yang belum pernah dimengerti/ dijelaskan dalam topik tersebut. Lalu, penulis diharuskan untuk memasukkan bukti-bukti