Konsep Kesehatan 4.0 merupakan turunan dari konsep strategis Revolusi Industry 4.0 yang diterapkan pada bidang kesehatan.

Oleh Wahyu Sardjono

Revolusi Industri 4.0 adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi dalam lingkungan industri bisnis [1]. Revolusi industri 4.0 adalah pemanfaatan teknologi pintar dalam upaya mengotomatisasi kegiatan bisnis dan industri yang selama ini dilakukan secara tradisional. Revolusi Industri 4.0 mencakup beberapa toolset di dalamnya, yaitu [2]:

 

  1. Cyber ​​Physical System (CPS) adalah perangkat otomatis yang memungkinkan perangkat fisik terhubung ke internet, memiliki kemampuan untuk belajar dari lingkungan fisik dan mempengaruhinya, responsif, cerdas, dan dapat bertindak secara mandiri.
  2. Internet of Thing (IoT) adalah konsep jaringan yang menghubungkan Cyber ​​Physical Systems dan komponen terkait lainnya ke internet dengan cara yang aman dan menghasilkan data secara akurat. Dengan IoT transfer data dimungkinkan tanpa campur tangan manusia karena data dikirim melalui jaringan tanpa harus memiliki koneksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer.
  3. Internet of Services (IOS) adalah peristiwa di mana perangkat terhubung melalui IoT sehingga dapat menciptakan sistem layanan yang berfokus pada otomatisasi, analisis prediktif, kecerdasan, dan logistik yang memungkinkan. IOS adalah kumpulan fungsi yang lebih tidak berwujud daripada IoT yang terkait dengan mesin dan sensor [3].
  4. Smart Factory adalah konsep desain untuk menciptakan produk yang dapat menjawab permintaan secara real time dengan analisis kondisi pasar saat ini dan umpan balik rantai nilai. Smart Factory dibangun dengan menggabungkan cyber fisik dan manusia yang terhubung melalui IoT (internet of thing) dengan dukungan layanan internet.

 

Revolusi Industri 4.0 telah membawa dampak perubahan besar di segala bidang sehingga organisasi harus mengantisipasi dan menghadapinya secara komprehensif jika organisasi ingin eksis dan berkembang di masa depan. Ada empat area dampak utama [4]:

  1. Masyarakat, sebagian besar eksekutif melihat bahwa Revolusi Industri 4.0 akan memiliki pengaruh besar dalam membentuk masyarakat - baik publik (74 persen) maupun swasta (67 persen), dengan pemerintah berada di urutan kedua.
  2. Strategi, untuk beradaptasi dan bertahan di Revolusi Industri 4.0, organisasi harus membuat strategi pembelajaran berkelanjutan untuk memanfaatkan sumber bakat baru, menciptakan sistem yang lebih gesit, mengembangkan alat dan sistem yang dapat meningkatkan proses dan memprediksi risiko sehingga dapat mengantisipasi, membuat jaringan rantai pasokan, dan menjangkau pasar yang kurang terlayani.
  3. Talent, revolusi industry 4.0 akan memberikan perubahan besar pada penggunaan teknologi dalam bisnis. Secara historis, teknologi akan menciptakan lebih banyak pekerjaan daripada menghancurkan. Oleh karena itu organisasi harus melakukan pengembangan tenaga kerja yang efektif
  4. Teknologi, organisasi akan mendapatkan manfaat yang lebih transformatif jika penggunaan teknologi revolusi industri 4.0 diperluas ke jaringan pemasok, pelanggan, pekerja, mitra, dan pihak lain dalam ekosistem bisnis.

 

 

Revolusi Industri 4.0 tidak hanya mengubah industri manufaktur tetapi juga pada kesehatan atau perawatan kesehatan. Tujuan utama tren perawatan kesehatan untuk setiap peningkatan dan penggunaan teknologi dapat diringkas dalam Tabel 1. [5].

Table 1. Health Care Trend [5]

 

Konsep Health 4.0 merupakan turunan dari konsep strategis Industry 4.0 yang diterapkan di bidang kesehatan. Health 4.0 didukung oleh tiga pilar yaitu people, technology, dan design. Orang-orang prihatin dengan penataan kembali antara pemangku kepentingan kesehatan dan menjadi pasien sentris. Teknologi mencakup 4.0, kesehatan seluler, internet of medical things (IoMT) dan data besar. Sedangkan desain meliputi desain sistem pelayanan dengan pendekatan user-center dimana penggunaan design thinking dan people itu sendiri menjadi faktor utama dalam pembuatan teknologi Health 4.0 [6]. Temuan penelitian lain IoT dapat memberikan tambahan yang sangat signifikan untuk ini dengan mengelompokkan IoMT dan kecerdasan buatan, komputasi kabut, BLOCKCHAIN, dan pendekatan lain yang sesuai di masa depan. Implementasi layanan kesehatan 4.0 dapat berpindah dari ekosistem device centric ke ekosistem patient centric. Konsep Care 4.0 dengan pelayanan kesehatan terpadu, dan pelayanan sosial dapat dilihat pada Gambar 1. [7].

Gambar 1. Revolusi Industri 4.0 diterapkan pada layanan kesehatan dan perawatan sosial baru yang terintegrasi [7]

Kepedulian yang berpusat pada masyarakat, terpadu, dan dikelola bersama sesuai prinsip-prinsip kesehatan 4.0 adalah sebagai berikut [8]:

  1. Peran-Person: Perubahan bahasa diperlukan untuk mencerminkan berbagai istilah yang menggambarkan penerima perawatan dalam konteks metode perawatan yang dimaksudkan.
  2. Lokasi Default Komunitas Perawatan: Pemerintah membuat kebijakan yang mendorong sistem untuk menyediakan perawatan berbasis rumah atau komunitas.
  3. Co-managed care to be core process: Penyeimbangan kembali antara penyedia layanan dan penerima layanan menjadi fokus perhatian, didukung oleh integrasi peraturan pemerintah dan hasil rancangan bersama.
  4. Pemberdayaan Penggerak Utama: Untuk mencapai pusat sumber daya, kekuatan pendorong utama adalah mendorong terciptanya tenaga kerja dan komunitas yang tangguh dan terintegrasi serta mengenali apa yang mungkin dapat dilakukan orang untuk diri mereka sendiri.
  5. Metode Menjahit - Personalisasi: Personalisasi perawatan sulit dilakukan tanpa konteks

pengalaman hidup seseorang. Kustomisasi untuk personalisasi melalui desain layanan baru dapat ditawarkan agar sesuai dengan kebutuhan, preferensi, tujuan, dan aset pribadi masyarakat dan diimplementasikan dengan membuat keputusan bersama. Melalui salah satu tool set 4.0, yang kami sebut “Learning system” sistem layanan dapat disesuaikan dan ditingkatkan secara berkelanjutan dengan memanfaatkan umpan balik otomatis di seluruh rantai nilai.

  1. Komplikasi Utama-Kompleksitas: sistem dan otomasi terhubung diperlukan untuk dapat mengelola layanan dengan baik mengingat setiap konteks paradigma sangat kompleks. Treatment 4.0 memiliki tantangan tersendiri, karena perawatan kesehatan dan sosial dikelola secara bersamaan. Tantangan yang muncul dalam implementasi treatment 4.0 antara lain kurang terkontrol dibandingkan jika dilakukan secara terpusat, lebih banyak pihak yang terlibat, dan lebih terfragmentasi serta akuntabilitas menjadi lebih sulit. Melalui perangkat 4.0, kompleksitas dan hubungan yang kompleks di dunia nyata dapat dikodifikasikan melalui dunia maya sehingga dapat menghasilkan data yang lebih komprehensif.
  2. Kunci 4.0 Kontribusi-Fleksibilitas: Dibutuhkan sistem yang fleksibel untuk dapat menyeimbangkan dan membaca perilaku konsumen yang kompleks. Sistem pelayanan kesehatan harus disusun untuk dapat menghasilkan kualitas, keamanan dan keselamatan serta ketahanan sehingga pemberitaan di masyarakat dapat mendorong individu dan pihak informal untuk dapat berinteraksi dengan pihak kesehatan dan perawatan formal.

 

Referensi

  • Schuh, T. Potente, C. Wesch-Potente, A. R. Weber and J.-P. Prote, "Collaboration Mechanisms to increase Productivity in the Context of Industrie 4.0," in Procedia CIRP 19, 2014.
  • Chute and T. French, "Introducing Care 4.0: An Integrated Care Paradigm Built on Industry 4.0 Capabilities," International Journal of Environmental Research and Publiick Health, pp. 1-17, 2019.
  • Z. Reis and R. F. Gonçalves, "The role of Internet of Services (IoS) on Industry 4.0 through the Service Oriented Architecture (SOA)," in IFIP WG 5.7 International Conference, Seoul, Korea, 2018.
  • Deloitte, "Industry 4.0: Are You Ready," Deloitte Development LCC, 2018.
  • Karboub, A. Dandache, M. Tabaa and S. Dellagi, "Toward Health 4.0: Challenges and Opportunities," December 2019. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/338117498.
  • Bause, B. Khayamian Esfahani, H. Forbes and D. Schaefer, "Design For Health 4.0: Exploration Of A New Area," in International Conference On Engineering Design, ICED19, The Netherlands, 2019.
  • Chute and T. French, "Introducing Care 4.0: An Integrated Care Paradigm Built on Industry 4.0 Capabilities," International Journal of Environmental Research and Publiick Health, pp. 1-17, 2019.

J. Z. Reis and R. F. Gonçalves, "The role of Internet of Services (IoS) on Industry 4.0 through the Service Oriented Architecture (SOA)," in IFIP WG 5.7 International Conference, Seoul, Korea, 2018.