Manfaat Penerapan Enterprise Architecture untuk Perusahaan

Oleh : Dr. Drs. Nilo Legowo, M.Kom

 

Oleh : Dr. Drs. Nilo Legowo, M.Kom

EA adalah penjelasan bagaimana sebuah organisasi merancang suatu sistem untuk mendukung kebutuhan bisnis dan teknologi dalam mewujudkan misi dan visi serta pencapaian hasil yang telah ditargetkan. Munculnya EA diawali dari dua hal, yaitu :

  1. Sistem yang rumit, dimana organisasi harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk merancang atau mengembangkan sistem yang dimiliki.
  2. Keselarasan bisnis dengan teknologi, dimana banyaknya organisasi yang mengalami kesulitan dalam menyelaraskan kebutuhan bisnis dengan teknologi.

Di banyak perusahaan besar, EA memerlukan pembuatan map dan blueprint yang mendetail untuk menentukan aset sistem, data dan teknologi — baik dalam keadaan saat ini maupun masa depan yang diinginkan. Seperti yang telah ditunjukkan Dell, EA melibatkan lebih dari kedua hal perencaanaan rutin tersebut. Pada dasarnya adalah bermula dari visi bisnis yang menyeluruh tentang pemahaman bagaimana perusahaan beroperasi. Visi ini mengidentifikasi kemampuan fundamental dan mengarahkan proyek TI tertentu untuk mewujudkan kemampuan tersebut dan memperluas  ke seluruh perusahaan dengan cara yang konsisten dan hemat biaya. (Wartika, Supriana, I., 2011).

Enterprise Architecture (EA) dapat memberikan dukungan untuk mendesain ulang dan mengatur ulang, terutama selama perubahan organisasi besar, merger atau akuisisi. Hal ini juga bermanfaat untuk menambah disiplin organisasi dengan standarisasi dan konsolidasi prosedur untuk konsistensi yang lebih baik.

EA juga digunakan dalam pengembangan sistem, manajemen IT dan pengambilan keputusan, dan manajemen risiko IT untuk memperbaiki bug, kegagalan sistem, dan pelagnggaran keamanan. Ini juga dapat membantu perusahaan mengelola sistem IT yang kompleks atau membuat IT lebih tersedia untuk unit bisnis lain.

Keuntungan utama Enterprise Architectural Planning (EAP) meliputi:

  1. Memungkinkan koordinasi yang lebih terbuka antara IT dan unit bisnis.
  2. Memberikan bisnis dengan kesempatan untuk memprioritaskan investasi.
  3. Memudahkan untuk menguji arsitektur saat ini terhadap tujuan jangka panjang.
  4. Membangun sistem untuk evaluasi dan akuisisi teknologi.
  5. Memberikan pandangan holistik arsitektur IT untuk semua unit bisnis di luar IT.
  6. Menyediakan sistem pembandingan untuk membandingkan kinerja dengan organisasi atau kriteria lain.

Sumber: https://www.cio.com/article/3313657/what-is-enterprise-architecture-a-framework-for-transformation.html

 

Manfaat EA

Keuntungan Enterprise Architecture :

  1. Dapat menangkap fakta tentang misi, fungsi, dan landasan bisnis dalam bentuk yang dipahami untuk mendukung perencanaan dan pengambilan keputusan yang baik.
  2. Dapat memperbaiki komunikasi di antara organisasi TI dan bisnis dalam perusahaan menggunakan kosa kata standar.
  3. Fokus pada penggunaan strategi dari teknologi untuk pengelolaan informasi perusahaan yang baik dan meningkatkan konsistensi, akurasi, tepat waktu, integritas, kualitas, ketersedian, akses, dan berbagi informasi pengelolaan TI di perusahaan.
  4. Mencapai skala ekonomi dengan menyediakan mekanisme berbagi layanan di seluruh bagian perusahaan.
  5. Mempercepat integrasi sistem yang eksis, migrasi, dan yang baru.
  6. Memastikan pemenuhan hukum dan regulasi.

Sumber: http://u3lutfia.blogspot.com/2013/08/keuntungan-fungsi-dan-tujuan-

 

Manfaat Enterprise Architecture dalam lingkup korporat:

  1. Simplification of an enterprise: Manfaat EA mencakup operasi bisnis yang lebih efisien dengan biaya yang lebih rendah, kapabilitas lebih banyaj, biaya manajemen yang lebih rendah, tenaga kerja yang lebih fleksibel, lebih banyak organisasi, lebih sedikit duplikasi dan redundansi, serta peningkatan produktivitas bisnis.
  2. Align technology operation to the business wants: Manfaat EA termasuk bantuan untuk menganalisis model bisnis dan membuat portofolio proyek transformasi perusahaan yang memandu keputusan dan investasi. Ini juga meningkatkan laba atas investasi bisnis dan TI.
  3. Align enterprise components to strategy: Manfaat EA termasuk dalam mendukung perubahan strategis seperti uji tuntas untuk merger dan akuisisi dan pengelolaan program integrasi yang dihasilkan, desain organisasi baru, model bisnis dan model operasi bisnis, pengenalan perubahan peraturan dan hukum, pengenalan teknologi, platform, dan infrastruktur baru seperti SaaS, Cloud, dll. dan konsolidasi portofolio, proses, aplikasi, dan infrastruktur yang ada, dll.
  4. More Effective IT operation: EA membantu dalam dukungan pengembangan perangkat lunak yang lebih rendah, dan biaya pemeliharaan, peningkatan portabilitas aplikasi, peningkatan interoperabilitas dan sistem yang lebih mudah dan manajemen jaringan, peningkatan kemampuan untuk mengatasi masalah penting di seluruh perusahaan seperti keamanan dan peningkatan yang lebih mudah serta pertukaran komponen sistem.
  5. Effective management and exploitation of information through IT: EA membantu dalam Mengidentifikasi area untuk konsolidasi dan pengurangan biaya, meningkatkan pengambilan keputusan eksekutif, meningkatkan manfaat dari inovasi dan mengelola aktivitas transformasi bisnis.
  6. Better return on existing investment, reduced risk for future investment: EA membantu mengurangi kompleksitas dalam bisnis dan TI, pengembalian investasi maksimum dalam bisnis dan infrastruktur TI yang ada, fleksibilitas untuk membuat, membeli, atau bisnis keluar-sumber dan solusi TI, mengurangi risiko secara keseluruhan dalam investasi baru dan biaya kepemilikannya.

Sumber : https://adataanalyst.com/enterprise-architecture/enterprise-architecture-benefits/

 

Referensi:
Wartika, Supriana, I., 2011, Analisis Perbandingan Komponen dan Karakteristik
Enterprise Architecture Framework, Bali, Konfrensi National Sistem dan Informatika,
KNS&I 11-064.

https://www.cio.com/article/3313657/what-is-enterprise-architecture-a-framework-for-transformation.html

Source:
http://u3lutfia.blogspot.com/2013/08/keuntungan-fungsi-dan-tujuan-ea.html#:~:text=Keuntungan%20Enterprise%20Architecture%20%3A&text=Dapat%20memperbaiki%20komunikasi%20di%20antara,perusahaan%20menggunakan%20kosa%20kata%20standar.&text=Mencapai%20skala%20ekonomi%20dengan%20menyediakan,%2C%20migrasi%2C%20dan%20yang%20baru.

https://adataanalyst.com/enterprise-architecture/enterprise-architecture-benefits/