PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE MULTI-SERVICE DAN APLIKASI MOBILE RESMI UNTUK MELAYANI PEMESANAN MAKANAN SECARA ONLINE PADA RESTORAN SIAP SAJI

Oleh: Sfenrianto

Pada saat ini, restoran-restoran khususnya restoran cepat saji tidak hanya menawarkan pelayanan secara langsung dan bawa pulang (take away), tetapi juga melayani pemesanan makanan secara online (online ordering). Hal ini dikarenakan, perkembangan zaman dimana teknologi digital sudah berkembang dari segala aspek, sehingga perkembangan teknologi yang berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat. Berbagai alasan pemasana makanan secara online, seperti:, kesibukan yang tinggi, lalu lintas yang macet, efesiensi waktu, dan sebagainya  sering kali menjadi hambatan atau kendala untuk melakukan aktivitas keluar rumah bahkan untuk membeli makanan. Penggunaan mobile teknologi oleh restoran untuk meningkatkan kenyamanan pesanan makanan atau membuat reservasi, dan kenyamanan transaksi untuk efesiensi waktu.

Dengan kemajuan Mobile Technology memungkinkan berbagai aplikasi untuk dikembangkan untuk pemesana makanan secara online yang dapat digunakan oleh masyarakat. Dengan adanya perkembangan mobile technology tersebut, maka pemilik usaha Restoran cepat saji dapat, memanfaatkan aplikasi untuk merangkul pelanggan,  dan memudahkan pelayanan, Hampir semua restoran cepat saji sudah menggunakan mobile application untuk aplikasi resminya di restoran-restoran cepat saji. Selain menggunakan aplikasi yang bisa diunduh pada smartphone, pemilik usaha restoran juga menyediakan website yang dapat digunakan juga untuk memesan makanan secara online.

Adanya fasilitas pemesanan secara online yang diberikan oleh restoran  tidak hanya dapat dilakukan melalui aplikasi resmi restoran cepat saji yang memang sudah ada, tetapi juga bisa melalui aplikasi multi-service yang di dalamnya banyak tersedia layanan, seperti transportasi yang dapat dipesan secara online. Aplikasi seperti ini juga biasanya dilengkapi dengan layanan pesan antar ke berbagai restoran, baik restoran cepat saji ataupun restoran biasa. Layanan pemesanan yang ditawarkan oleh aplikasi semacam ini biasanya jauh lebih luas dan bisa memesan di restoran mana saja sesuai keinginan dari pelanggan. Pada aplikasi ini terdapa para driver yang merupakan bagian dari perusahaan aplikasi tersebut yang akan membantu untuk memesankan makanan dan mengantarkan makanan langsung kepada pelanggan sesuai dengan lokasi pelanggan.

Studi yang dilakukan di Amerika Serikat menyatakan bahwa ditemukan 23 persen dari 326 restoran menyediakan layanan pemesanan secara online, dan pada penyedia layanan mengatakan bahwa mereka menemukan adanya peningkatan pada penjualan dengan digelarnya layanan online pada restoran mereka. Studi tersebut juga mengatakan dari 490 responden yang diteliti sebanyakan hampir mendekati 50% nya mengatakan menggunakan metode pemesanan makana secara online. Oleh sebab itu, seharusnya restoran cepat saji di Indonesia juga harus memanfatkan penggunaan aplikasi mobile multi-service dan aplikasi mobile resmi untuk melayani pemesanan makanan secara online.