Analisa Five Force E-Bay

1. Kekuatan tawar-menawar pembeli: Tinggi

Pelanggan memiliki pengaruh yang cukup di pasar online. Ini terutama karena munculnya begitu banyak pemain yang masing-masing berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka dengan cara terbaik. Ada pemain online dan offline yang harus bersaing dengan E-bay untuk pangsa pasar. Pembeli dapat berbelanja dari berbagai sumber dan mereka menginginkan harga dan penawaran terbaik plus opsi pengiriman tercepat. Secara keseluruhan, keseimbangan dimiringkan untuk kepentingan pelanggan sehingga mereka memiliki banyak kekuatan. Beberapa risiko dimitigasi oleh berbagai macam produk dan layanan yang tersedia di e-bay dan masih kekuatan tawar-menawar pelanggan.

Tawar-menawar kekuatan pemasok: Rendah

Ada jutaan penjual yang menjual produk mereka melalui e-bay. Untuk setiap produk ada begitu banyak pemasok yang memberikan Ebay opsi terlalu banyak. Ini membatasi daya tawar pemasok dan menjaga kendali E-bay. Namun, penjual yang sama mendaftarkan produk mereka di situs lain juga dan masih, itu adalah situs penjual yang sebagian besar memegang kendali. Jika kita menganggap pengiriman sebagai pemasok, maka mereka memiliki pengaruh karena jumlah mereka yang terbatas. Demikian pula, situs pengarah dan Google juga memiliki pengaruh karena mereka mengarahkan pelanggan iklan yang dicari ke Google. Namun, e-bay telah menjadi merek dan merupakan pemain dominan dalam industri e-retail yang mengurangi pengaruh pemasoknya. Jadi, secara keseluruhan daya tawar pemasok sangat terbatas.

Ancaman pendatang baru: Sedang

Teknologi telah mengurangi hambatan untuk masuk di segmen e-retail. Setiap pemain dengan modal yang cukup untuk berinvestasi dalam teknologi dapat membangun e-commerce sendiri. Masuknya pemain kecil dan besar seperti Alibaba, flipkart, snapdeal dll di tingkat nasional dan internasional telah membuktikan hal ini. Selain itu, Paypal yang merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh E-bay saat ini merupakan pemain dominan pembayaran online. Namun, pemain besar dan mapan seperti Google, Apple dan Amazon dapat meretas pangsa pasarnya dengan kekuatan finansial dan teknologi mereka jika mereka memutuskan demikian. Jadi, secara keseluruhan ancaman pendatang baru tinggi untuk Ebay.

Ancaman pengganti: rendah

E-bay menjual berbagai produk yang sangat besar dan ini mengurangi ancaman yang muncul dari barang-barang pengganti. Meskipun ada penjual lain yang menjual produk serupa, Ebay selalu dalam posisi untuk memperluas daftar produknya. Ini membantunya beradaptasi dengan tren yang berubah.

Persaingan kompetitif dalam industri: Menengah hingga Tinggi

Ada p-layer online dan offline yang menantang posisi Ebay. Di AS sendiri ada beberapa merek AS dan Non AS yang telah memasuki lanskap ritel. Di negara lain, pemain lokal dan internasional juga berlomba untuk mendapatkan pangsa pasar. Terlepas dari jajaran produk dan layanan pelanggan, pesaing bersaing berdasarkan harga. Semua ini berarti penyelesaian yang intens untuk menarik pelanggan. Dalam pembayaran online juga persaingan diharapkan meningkat. Selain dari Apple Pay, Samsung juga telah memperkenalkan opsi untuk pembayaran yang disederhanakan pada model-model tertentu. Faktor-faktor ini akan terus mengintensifkan persaingan untuk Ebay.

2. i ebay adalah salah satu e commerce terbesar yang ada di dunia, ebay bisa dikatakan sebagai pencetus e commerce online yang bisa di bilang pertama mereka telah bisa menggunakan web untuk menjual barang ke berbagai lokasi di dunia

Muhammad Saddam & Riyanto Jayadi