Dosen MMSI mendapatkan Pelatihan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Kementerian PAN-RB

Dilaporkan Oleh Ahmad Nurul Fajar dan Riyanto Jayadi

Pada tanggal 6 April - 7 April 2022 telah terselenggarakan dengan baik acara Focus Group Discussion (FGD) pelaksanaan bimbingan teknis calon asesor eksternal perguruan tinggi. Acara ini berlangsung dari pukul 08:00 WIB hingga selesai secara daring melalui platform Zoom.

 

Acara ini diselenggarakan dalam rangka persiapan pelaksanaan Asistensi, Piloting dan Evaluasi SPBE kepada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah tahun 2022. Tak hanya itu, Cahyono Tri Wibowo selaku Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, menjadi penanggungjawab dalam acara ini.

Peserta Acara Pelatihan

Bimbingan yang dilakukan secara daring ini diikuti oleh beberapa universitas dengan beberapa perwakilan calon asesornya. Beberapa universitas yang mengikuti bimbingan ini adalah Universitas Telkom, Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma, Universitas Gadjah Mada, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh November, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, dan beberapa universitas lainnya.

 

Tak hanya itu, Universitas Bina Nusantara (Binus) juga ikut serta dalam pelatihan sistem pemerintahan berbasis elektronik di kementerian PAN-RB ini. Salah satu perwakilan calon asesor dari Binus adalah Riyanto Jayadi dan Ahmad Nurul Fajar.

Pembahasan Pelatihan

Pelatihan ini membahas 3 topik utama dengan beberapa sub-topik berbeda. Topik pertama membahas mengenai Kebijakan Umum Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik. Topik kedua membahas mengenai Metodologi Pemantauan dan Evaluasi SPBE. Topik terakhir membahas mengenai Progres dan Target Pemantauan dan Evaluasi SPBE. Berikut ini adalah rundown acaranya.

Rundown Acara

Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari dengan rundown kegiatan yang berbeda. Pada Rabu, 6 April 2022, acara dilaksanakan mulai pukul 08:00 - 16:00 WIB. Pukul 08:00 - 08:30 dilakukan registrasi untuk semua peserta acara. Dilanjutkan pembukaan arahan dan strategis yang dipimpin oleh Cahyono Tri Birowo, ST., MTI., Asdep SPBE. Lalu, pada pukul 08:45 - 11:45 WIB membahas mengenai Rencana Pelaksanaan Kegiatan Pemantauan dan Evaluasi SPBE SPBE dan Diskusi dan Domain Kebijakan Internal dan Diskusi yang dipimpin oleh Ugi Cahyo Setiono, S.Kom., Koordinator dan Fikri Akbarsyah Anza, S.Kom., M.Kom. (UI). Acara terakhir berlangsung dari pukul 12:30 - 16:00 WIB membahas mengenai Domain Tata Kelola SPBE dan Domain Tata Layanan SPBE serta diskusi yang dipimpin oleh Soni Fajar Surya Gumilang, S.T., M.T. (TEL-U) dan Dr.rer.nat. I Made Wiryana, S.Kom., S.SI., MAppSc (UG).

 

Pada hari kedua, Kamis 7 April 2022, acara dilaksanakan pada pukul 08:00 - 12:00 WIB. Pada pukul 08:00 - 08:30 dilakukan registrasi untuk seluruh peserta. Dilanjutkan dengan kegiatan yang membahas tentang Domain Manajemen SPBE dan diskusi yang dipimpin oleh Muhammad Mishbah, S.Kom., M.Kom. (UI). Lalu, pada pukul 11:00 - 11:45 WIB dilanjutkan dengan kegiatan briefing post test dan diskusi. Terakhir adalah arahan dan kegiatan penutupan acara yang dipimpin oleh Cahyono Tri Birowo, ST., MTI., Asdep SPBE.