QUALITATIVE RISK MEASURES (Jarot S. Suroso)

Model risiko kualitatif yang dirancang dengan baik merupakan hal yang penting untuk membandingkan tingkat paparan dari setiap risiko pada seluruh organisasi. Setiap risiko tersebut akan dilakukan identifikasi dampaknya pada organisasi berdasarkan sensitivitas sumber daya, tingkat keparahan kerentanan, dan kemungkinan ancaman.  Sehingga model tersebut lebih dari sekadar memberi label suatu permasalahan sebagai “berisiko”.  

Langkah pertama yang akan dilakukan adalah menentukan skala risiko dari kemungkinan ancaman yang timbul pada suatu kerentanan apabila berhasil tereksploitasi serta tingkat keparahan kerentanannya. Setiap ancaman atau kerentanan mungkin memiliki kemungkinan dan tingkat keparahan yang berbeda, sehingga penting untuk mengevaluasinya secara terpisah. Pengembangan kriteria kualitatif akan menggunakan skala relatif untuk menilai eksposur risiko berdasarkan kriteria yang telah ditentukan untuk setiap tingkat, dengan mengandalkan pengetahuan dan pengalaman penilai. Sehingga pendekatan kualitatif menjadi sangat subjektif dan rentan terhadap ketidakakuratan. Namun, kriteria yang rinci dapat mengurangi ruang kesalahan atau bias dengan memandu para analis. 

Sehingga , tingkatan skala Rendah-Sedang-Tinggi diperkenalkan dengan mencakup Dua variabel berupa tingkat keparahan dan kemungkinan. Model ini diperluas untuk mencakup skala yang lebih terperinci dan melakukan integrasi sensitivitas pada modelnya. Dengan memahami pentingnya setiap pilihan dan cara menyajikannya, organisasi dapat memilih dengan lebih baik aspek-aspek model risiko yang paling sesuai.