Fintech Valuation (Astari Retnowardhani, PhD)

Startup teknologi mencakup perusahaan yang beroperasi di segmen Teknologi Keuangan (FinTech). FinTech menyediakan layanan dan produk keuangan dengan teknologi TIK yang merumuskan kembali model bisnis, memanfaatkan perangkat lunak dan algoritme inovatif, rantai nilai berdasarkan platform komputer interaktif, kecerdasan buatan, dan data besar. Layanan keuangan, yang berfokus pada transmisi informasi pada platform digital, mengandalkan aktivitas inovatif terkait pemrosesan data dan interpretasinya secara real-time dengan teknologi deskriptif, preskriptif, dan prediktif otomatis. Seperti yang diantisipasi, digitalisasi secara intrinsik tertanam dalam model bisnis FinTech.

Bidang kegiatan utama dari FinTech adalah:

  • Teknologi keuangan yang diterapkan pada blockchain dan teknologi ledger terdistribusi berdasarkan arsip data, yang catatannya bersifat publik di jaringan komputer dan tanpa memerlukan register pusat;
  • Kripto dan uang digital;
  • Pinjaman peer-to-peer (P2P);
  • Kontrak pintar (menggunakan blockchain) yang secara otomatis mengeksekusi kontrak antara pembeli dan penjual;
  • Perbankan terbuka didukung oleh aplikasi blockchain yang menciptakan layanan melalui jaringan lembaga keuangan dan penyedia pihak ketiga yang terhubung.
  • Keamanan TI, melalui atau penyimpanan data terdesentralisasi, dan sistem anti-penipuan;
  • Aplikasi di bidang asuransi (InsurTech) atau regulasi (RegTech).

FinTech adalah bisnis elastis yang dapat berkonsentrasi pada ceruk pasar dan segmen pelanggan tertentu, memanfaatkan penggunaan data (besar) yang inovatif, dan mengusulkan produk dan layanan baru yang mengganggu.

FinTechs dapat menjadi:

  1. a) Pengkatalisis/peningkat (peningkat digital) dari model bisnis tradisional, membawa keuntungan efisiensi dan penyerbukan aktivitas bank biasa atau perantara keuangan lainnya; Penyedia FinTech menggunakan teknologi untuk mengganggu layanan ini dengan menawarkan penawaran yang lebih menarik kepada konsumen seperti peningkatan kemampuan, kenyamanan, atau harga dan biaya yang lebih rendah (EY, 2019).
  2. b) Pelopor produk dan layanan inovatif, biasanya melalui saluran B2B. Layanan yang ditemukan adalah layanan yang sebelumnya tidak ada tetapi sekarang dimungkinkan oleh teknologi dan model bisnis alternatif, seperti pinjaman peer-to-peer dan pembayaran ponsel. Beberapa layanan penemuan mengisi ceruk di pasar, dan yang lain memiliki potensi untuk mendefinisikan ulang dan mengubah seluruh subsektor keuangan (EY, 2019)

Inovasi mungkin misalnya menyangkut:

  • Ekonomi platform digital: penanganan pihak ketiga: meningkatkan proses yang ada—koopetisi sebagai model bisnis baru;
  • Arsitektur terbuka dan cloud: visi terbuka—biometrik dan geolokalisasi untuk meningkatkan standar keamanan;
  • Manajemen perubahan—warisan baru;
  • Proses tanpa gesekan untuk orientasi klien

 

Lihat Tabel 6.3 halaman 221-223 dalam (Moro-Visconti, Roberto (2022)) tentang tipologi dan model bisnis FinTech.

 

Potensi FinTech (dalam hal produk dan layanan yang ditawarkan, sasaran strategis, dll.) menyangkut:

  1. Kapasitas pemecahan masalah (solusi yang mengganggu untuk masalah yang ada);
  2. Total Pasar Beralamat/Tersedia;
  3. Aplikasi/Produk/Layanan baru yang diaktifkan oleh teknologi;
  4. Biaya Distribusi/Intermediasi dan Operasional yang lebih rendah (peningkatan efisiensi);
  5. Model Pendapatan (traksi pasar);
  6. Peluang penjualan silang

Kriteria evaluasi FinTech biasanya mengikuti model bisnis (aktual dan prospektif) dari perusahaan target. Penggerak nilai teknologi tampaknya, setidaknya dalam fase historis ini, lazim dalam aktivitas perbankan/keuangan. Namun, pertimbangan awal mungkin menunjukkan bahwa model bisnis sedikit lebih "bank-sentris" daripada kriteria evaluasi. Alasan perbedaan ini bermacam-macam: bank adalah lembaga padat modal dan padat karya dan diawasi secara ketat (tidak hanya karena mereka adalah lembaga keuangan tetapi juga karena mereka mengumpulkan simpanan dan diatur oleh otoritas Bank Sentral).

 

FinTech sangat berbeda, meskipun mereka memiliki kerangka dasar yang sama dengan bank. Aktivitas perbankan dan keuangan (Damodaran, 2009) mengikuti pola penilaian khusus yang seringkali berkonsentrasi pada parameter seperti ekuitas atau dividen yang disesuaikan. Namun, parameter ini tidak terlalu berarti dengan FinTech karena mereka bukan perusahaan padat modal, dan kapasitas mereka untuk membayar dividen tidak ada pada fase awal. Jika aktivitas FinTech dikembangkan dalam grup perbankan oleh perusahaan captive, makna strategisnya mungkin sebagai katalisator aktivitas perbankan (tradisional).

Dalam hal ini, yang paling penting bukanlah nilai FinTech sebagai realitas yang berdiri sendiri, melainkan kontribusinya terhadap marginalitas tambahan dari grup perbankan (tradisional) tempatnya berada. FinTech secara alami cenderung bekerja sama dengan bank, karena dalam banyak kasus mereka mewakili pelanggan mereka. Kerja sama (terkait produk) terutama diarahkan pada integrasi atau penggunaan kerja sama aplikasi FinTech (Brandl & Hornuf, 2017).

Masalah penilaian perusahaan FinTech harus disesuaikan dengan perusahaan muda, mengingat kebaruan sektor ini, yang memiliki semua hak prerogatif startup (dalam hal pertumbuhan yang diharapkan, tingkat kelangsungan hidup, volatilitas, dll.), dengan metodologi penilaian yang harus pertimbangkan terlebih dahulu model bisnis yang mendasarinya. Di antara metodologi evaluasi utama perusahaan FinTech, berikut ini yang pertama relevan:

  1. Pendekatan bantuan dari royalti;
  2. Kelebihan penghasilan multi-periode;
  3. Arus kas tambahan, tertanam dalam DCF

Di antara alasan yang dapat menyebabkan default startup Fintech, berikut ini patut disebutkan:

  • Kekurangan dana.
  • Memilih Modal Ventura yang belum berpengalaman.
  • Mengabaikan kepatuhan. Kompleksitas regulasi sering diremehkan.
  • Memikirkan startup fintech sama dengan startup teknologi lainnya. Perilaku psikologis seputar uang, kredit, tabungan, dan pembayaran berbeda dengan perilaku terkait TI, bioteknologi, dll.
  • Bersaing hanya karena biaya. Bank memiliki keunggulan skala besar (tradisional).
  • Menjadi digital, Fintech mungkin merekayasa ulang model bisnis tradisional tetapi tugasnya tidak mudah dan berisiko.
  • Terlalu percaya diri. Menciptakan pasar baru bukanlah tugas yang mudah. Banyak Fintech berpikir bahwa model bisnis mereka sangat inovatif sehingga mereka tidak memiliki pesaing. Setiap kali ada persaingan, segmentasi geografis mungkin merupakan penghalang yang lemah, karena meningkatnya globalisasi keuangan. Inovasi dapat menjadi semakin menantang di pasar yang ramai dan terlalu kompetitif.
  • Meremehkan panjang siklus penjualan. Lembaga keuangan terkenal lamban dalam membeli sesuatu yang baru.
  • Kehilangan strategi penjualan. Startup fintech seringkali merupakan gagasan dari pakar perangkat lunak yang memiliki keterampilan penjualan dan pemasaran yang terbatas.
  • Kurangnya pemahaman tentang pasar keuangan. Startup fintech yang mengejar model bisnis B2C sering melebih-lebihkan sejauh mana konsumen akan mengubah perilaku mereka dan membayar produk atau layanan baru selain semua hal yang sudah mereka bayar. Meskipun model B2B mungkin merupakan jalur yang lebih baik untuk beberapa startup fintech, beberapa gagal karena tidak memahami bahwa mereka adalah vendor—bukan mitra—yang mungkin memerlukan serangkaian keterampilan dan kemampuan yang sama sekali berbeda dari yang sudah mereka miliki.

Daftar Pustaka:

Moro-Visconti, Roberto (2022). The Valuation of Digital Intangibles, Technology, Marketing, and the Metaverse.  Second Edition, Palgrave Macmillan