Lima tingkat kematangan Value Stream Management (VSM).

Value Stream Management (VSM) adalah pendekatan untuk mengelola aliran nilai secara end-to-end dalam sebuah organisasi, termasuk dalam konteks bisnis digital. Terdapat lima tingkat atau level kematangan dalam Value Stream Management:

Level 1: Foundational

Pada tingkat ini, organisasi bisnis digital belum mengelola aliran nilai secara menyeluruh. Tim bekerja secara terpisah dan kurangnya keselarasan antara kelompok yang berbeda. Meskipun ada inisiatif transformasi digital, tetapi tanpa pemahaman yang jelas tentang aliran nilai, dan perbaikan dilakukan secara terbatas.

Level 2: Value Stream Aware

Organisasi bisnis digital mulai mengidentifikasi dan memetakan aliran nilai mereka. Inisiatif percontohan dimulai, dan data mulai dikumpulkan untuk mengukur nilai pelanggan. Namun, belum sepenuhnya dimanfaatkan untuk memandu perbaikan proses secara holistik.

Level 3: Collaborative

Bisnis digital fokus pada penyelarasan dan kolaborasi di seluruh aliran nilai. Hambatan diidentifikasi, inefisiensi dikurangi, dan operasi disederhanakan. Keselarasan antara kelompok bisnis dan teknologi meningkat, serta mendorong peningkatan kolaborasi.

Level 4: Data-Driven

Organisasi  Bisnis digital mencapai tingkat kematangan data yang tinggi di seluruh aliran nilai. Data digunakan untuk mendorong perbaikan berkelanjutan. Tim teknologi dan manajer bisnis bekerja dengan kumpulan data terpadu, tidak lagi bergantung pada laporan status triwulanan misalnya, dan memanfaatkan dashboard real-time.

Level 5: Full Transparency and Flow

Organisasi bisnis digital unggul dalam VSM dengan visibilitas dan transparansi penuh dalam operasi mereka. Pekerjaan dapat dilihat setiap saat, dan keputusan didasarkan pada data objektif. Ini menghasilkan keuntungan signifikan dalam efisiensi, visibilitas, dan keselarasan.

Dengan mencapai tingkat kematangan ini, organisasi dapat memperoleh manfaat yang substansial dalam mengelola aliran nilai mereka secara efektif, terutama dalam konteks bisnis digital di mana keterampilan adaptasi, penggunaan teknologi, dan pemahaman yang kuat tentang data menjadi semakin penting.

 

Referensi:  VALUE STREAM MANAGEMENT: ACCELERATING YOUR BUSINESS ADVANTAGE Sponsored by Broadcom

Oleh: Sfenrianto

Sfenrianto