Implementasi Augmented Reality & Artificial Intelligence Untuk Memasak

Augmented Reality (AR) sudah mulai banyak diterapkan di sekitar kita, dengan menerapkan di dalam kegiatan pembelajaran pada masak-memasak, maka akan memberikan hal yang lebih unik dan juga interaktif. User mampu untuk memvisualisasikan teknik-teknik didalam memasak secara langsung seperti; Sautéing, Stir frying, Pan frying, Deep frying, Boiling, dan juga teknik memotong seperti ; Julienne, Barrel, V-Cut, Mash, dan banyak juga teknik lainnya didalam memasak.

Artificial Intelligence (AI) juga mempunyai peranan penting seperti mempermudah user didalam menentukan konten pembelajaran secara otomatis, dan juga menentukan progress pembelajaran dan tingkat kemampuan user didalam  Cooking. Disini Augmented Reality akan digabungkan dengan Artificial Intelligence dimana dengan AR user mampu memvisualisasikan apa saja bahan-bahan masakan yang dimilikinya lalu dengan kecerdasan AI akan menentukan materi yang akan dijadikan sebagai bahan training untuk membuat suatu resep yang dapat dimasak oleh user.

Dengan berkembangnya “Smart Kitchen” pada era modern ini seperti Samsung yang menerapkan kitchen atau dapur yang terintegrasi dengan smartphone mampu untuk melakukan pengecekan isi kulkas tanpa harus membuka kulkas tersebut menggunakan Artificial Intelligence (AI) pada kulkas, Dengan menerapkan hal tersebut maka user tidak perlu untuk melakukan pengecekan ke kulkas untuk membeli bahan-bahan untuk dimasak. Ini merupakan perkembangan teknologi yang bisa mendukung keperluan  Cooking seperti user cukup memilih resep yang diinginkan, lalu AI mampu untuk menentukan bahan apa saja yang kita belum miliki sehingga akan mempermudah kita memasak.

By:  Husein F. dan  Kenny S.