Value Creation Bisnis Digital XYZ

Bisnis Digital XYZ berusaha mengembangkan suatu produk digital dengan value Creation. Ada 4 value creation yang diusung oleh Bisnis Digital XYZ, yaitu Efficiency, Novelty, Lock-In dan Complementary.

  1. Efficiency, merupakan kemampuan untuk menyediakan akses yang cepat, tidak menghabiskan banyak waktu pelanggan dan tidak banyak memerlukan usaha dalam bertransaksi. Seperti para pesaingnya, Bisnis Digital XYZ memberikan layanan:
  • Bill Payment, yaitu fitur untuk melakukan pembayaran tagihan biller seperti tagihan listrik, air, asuransi BPJS, tagihan pulsa telepon pasca bayar, pembelian pulsa pra bayar serta pembayaran tagihan kartu kredit.
  • Belanja Online, bisnis digital XYZ terintegrasi dengan beberapa e-commerse besar di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan shopee.
  • Bayar Merchant, bisnis digital XYZ juga bekerjasama dengan retailer seperti minimarket dan reataurant untuk bisa melakukan pembayaran menggunakan merchant bisnis digital XYZ.
  • Transfer, Pengguna dapat melakukan transfer antar akun bisnis digital xyz ataupun transfer ke rekening bank.

Untuk pembeda dari pesaingnya, Bisnis Digital XYZ membangun fitur:

  • Bekerja sama dengan Bank XYZ untuk bisa melakukan top up dana melalui aplikasi internet banking, yaitu dengan menyediakan pot/kantong/menu khusus di internet banking untuk memindahkan dana dari rekening utama ke bisnis digital xyz.
  • Bayar KRL dan Transjakarta, ini juga salah satu fitur baru yang diatawarkan olehbisnis digital xyz. Pengguna bisa menggunakan barcode yang ada di aplikasi bisnis digital xyz sebagai alat pembayaran transportasi KRL & transjakarta.
  1. Novelty, didefinisikan sebagai tingkat keunikan yang dimiliki oleh barang atau jasa yang dijual oleh perusahaan dengan memperhatikan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, bisnis digital xyz menyediakan layanan:
  • Chatbot,  merupakan layanan nasabah 24/7. Pengguna bisa berkomunikasi/menyampaikan pertanyaan/menyampaikan keluhan via chat dengan robot pintar.
  • Buat Rencana Pembayaran, sering lupa bayar tagihan? Dengan membuat rencana pembayaran, pengguna bisa melakukan pengaturan untuk pembayaran otomatis atau sekedar mengatur pengingat untuk membayar tagihan.
  • Notifikasi Promo, pengguna bisa mendapatkan notifikasi mengenai promo bisnis digital xyz yang berlaku di tempat yang sedang dikunjungi.
  1. Lock-In adalah kemampuan perusahaan untuk menciptakan suatu ikatan yang membuat customer tetap mau menjadi pelanggan setia walaupun banyak competitor lain. Dalam hal ini, selain jaminan keamanan system aplikasi, bisnis digital xyz juga menawarkan:
  • Promo, bekerja sama dengan industri food and beverage dan e-commerse, memberikan potongan harga (diskon) bagi pembeli yang melakukan pembayaran menggunakan bisnis digital xyz.
  • Reward Loyalty, i penting sebagai apresiasi perusahaan terhadap pelanggan. Dari sisi pelanggan, mereka juga merasa lebih dihargai sehingga menciptakan ikatan antara pelanggan dan perusahaan. Reward loyalty aplikasi bisnis digital xyz diberikan berdasarkan segmentasi pelanggan, yang dibedakan menjadi tiga, yaitu Basic, Andal dan Cerdas. Perbedaan kategori dari masing-masing segmen ini akan dijabarkan dalam sub bab Customer Relationship Management.
  1. Complementary merupakan kelengkapan yang ditawarkan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan customer. Bisnis digital xyz melengkapi aplikasinya dengan menu Dashboard. Menu Dashboard akan menampilkan summary pemasukan dan pengeluaran uang berdasarkan kategori transaksi, seperti pembayaran biller, transfer, belanja online atau pembayaran KRL/Transjakarta. Periode dashboard-nya pun bisa ditentukan sendiri oleh pengguna, yaitu mingguan, 2 mingguan atau bulanan. Dengan adanya menu dashboard ini, diharapkan pengguna dapat mengelola cash flow dengan mudah. Setiap uang masuk dan uang keluar akan tercatat, terkategori dan terangkum secara otomatis sesuai kategori transaksi, sehingga nasabah tidak perlu menggunakan aplikasi pencatatan keuangan lainnya lagi.

Authour: Dyah Yuniati & Sfenrianto