Kompetensi seorang CIO
Menurut Peppard (2010) kompetensi seorang CIO dapat dinilai dari:
- Kepemimpinan
- Membawa organisasi maju dalam penggunaan TIK;
- Menciptakan satu set ekspektasi shared value di semua bidang bisnis yang berhubungan dengan itu;
- Mempengaruhi stakeholder kunci;
- Tumbuh dan mengembangkan kepemimpinan dalam tim.
- Visioner
- Envisioning pilihan dan kesempatan (baik operasional dan strategis);
- Advokasi untuk teknologi baru.
- Pemikir strategis
- Pandang bisnis secara holistik;
- Berkontribusi dalam diskusi strategi.
- Pembangun hubungan (relationship)
- Mengekspresikan empati, dan mendengarkan.
- Diplomasi
- Berkolaborasi dengan rekan-rekan untuk mencapai tujuan dan situasi sama-sama menang;
- Membangun jaringan pribadi di seluruh organisasi;
- Membuat kesan yang tepat dengan pihak terkait.
- Penyampai pesan
- Mencapai kredibilitas dengan bisnis dan orang teknis melalui keberhasilan pengiriman proyek dan program;
- Mempertahankan biaya yang efisien dari operasional dan layanan TIK;
- Mengelola risiko;
- Mencapai harapan (tujuan yang ingin dicapai).
- Membaca pasar
- Menggunakan pasar secara tepat untuk sourcing;
- Komersial ketajaman;
- Memahami risiko;
- Jaringan eksternal dengan pemasok.