Cryptocurrencies, Non-fungible Tokens, dan Digital Art Valuation (Astari Retnowardhani, PhD)
Cryptocurrency adalah mata uang digital atau virtual yang diamankan dengan kriptografi, yang membuatnya hampir tidak mungkin untuk dipalsukan atau dibelanjakan dua kali. Banyak cryptocurrency adalah jaringan terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain — buku besar terdistribusi yang ditegakkan oleh jaringan komputer yang berbeda. Fitur yang menentukan dari cryptocurrency adalah bahwa mereka umumnya tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat mana pun, menjadikannya secara teoritis kebal terhadap campur tangan atau manipulasi pemerintah (https://www.investopedia.com/terms/c/cryptocurrency.asp). Ini mengarah ke De.Fi. – Keuangan Terdesentralisasi, sebuah ekosistem yang dipetakan oleh jaringan terdistribusi khusus di mana tidak ada simpul (hub) yang berputar.
Mata uang digital dapat dipusatkan (dengan titik kontrol pusat pasokan uang, misalnya, diatur oleh Bank Sentral seperti yang terjadi dengan uang fiat) atau—lebih sering—terdesentralisasi, di mana kontrol pasokan diatur oleh konsensus dan diverifikasi oleh jaringan pengguna, biasanya melalui Decentralized Finance (De.Fi.) yang diatur oleh blockchain.
Digitalisasi adalah prasyarat mendasar di balik skalabilitas, dan keduanya mewakili fitur dasar cryptocurrency. Cryptocurrency mewakili komponen moneter dari banyak jaringan digital (dari blockchain dasar hingga metaverse) yang jika tidak, tidak akan likuid. Tidak adanya likuiditas mengeringkan pasar, membuatnya tidak menarik.
Token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) adalah aset kriptografi pada blockchain dengan kode identifikasi unik dan metadata yang membedakannya satu sama lain. Tidak seperti cryptocurrency, mereka tidak dapat diperdagangkan atau ditukar dengan kesetaraan. Ini berbeda dengan token yang dapat dipertukarkan seperti cryptocurrency, yang identik satu sama lain dan, oleh karena itu, dapat berfungsi sebagai media transaksi komersial (Forbes, 2022).
NFT adalah aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti seni, musik, item dalam game, dan video—aset fisik dasar baru kemungkinan besar akan disertakan dalam daftar ini. Mereka dibeli dan dijual secara online, seringkali dengan cryptocurrency, dan umumnya dikodekan dengan perangkat lunak dasar yang sama dengan banyak mata uang virtual.
Seni digital (juga disebut seni komputer) mengidentifikasi karya atau praktik artistik yang menggunakan teknologi digital sebagai bagian dari proses kreatif atau presentasi pameran. Seni elektronik memiliki arti yang lebih luas daripada seni digital, karena melibatkan banyak keterkaitan antara seni dan teknologi.
Seni kripto (seni kriptografi) adalah kategori seni yang terkait dengan teknologi blockchain dan menyangkut karya seni digital yang diterbitkan langsung di blockchain dalam bentuk token non-sepadan (NFT), yang memungkinkan untuk memiliki, mentransfer, dan menjual karya seni dalam secara kriptografis aman dan dapat diverifikasi. NFT membuat seni digital dapat diperdagangkan, berkontribusi pada penciptaan pasar baru, dan mewakili peluang bagi seniman yang terabaikan.
Seni digital didasarkan pada platform digital pertukaran yang menghubungkan seniman dengan pengguna karya, dengan mekanisme B2C atau C2C yang khas, melalui panggung virtual. Di antara banyak perbedaan antara seni digital dan seni tradisional, “kegunaan viral” (dan skalabilitas konsekuen) dari yang pertama sangat penting, dibandingkan dengan “keunikan” yang terakhir. Pikirkan, misalnya, lukisan digital, yang dapat direproduksi dan disebarluaskan tanpa henti, dengan karakteristik viral, dibandingkan dengan lukisan “fisik”, yang mewakili karya unik. Perpanjangan digital seni tradisional mewakili nilai tambah. Seni digital memiliki karakteristik intrinsik dari immaterialitas dan intangibilitas yang justru kurang dalam banyak ekspresi seni tradisional (lukisan, patung, dll.), Diwakili oleh barang fisik. Namun, ada ekspresi artistik, seperti musik, yang tumpang tindih dengan dua set ini, berasal dari skor “fisik” tetapi dengan asumsi difusi melalui udara yang, sejak zaman Napster, menggunakan Internet dan mode berbuah non-materi (file MP3 atau yang lainnya).
Setiap upaya penilaian seni digital harus mengikuti pendekatan metodologis sejalan dengan urutan penalaran dan kerangka kerja yang diusulkan di sini:
Klasifikasi karya seni yang sedang dievaluasi dan dimasukkan ke dalam taksonomi, jika ada (juga untuk dapat dibandingkan dengan karya serupa);
- Identifikasi permasalahan hukum mengenai prior art, kepemilikan, hak eksploitasi ekonomi, dll.
- Akuntansi karya oleh penulis;
- Pemeriksaan royalti, penjualan, atau kontrak lain yang berkaitan dengan pekerjaan, jika ada;
- Referensi analogis untuk jenis aset atau hak tidak berwujud lainnya yang sedang dievaluasi (hak cipta; perangkat lunak; blockchain; logo atau merek dagang digital; aplikasi seluler; jejaring sosial; platform digital, dll.);
- Penggunaan pendekatan penilaian (biaya, pendapatan, atau pasar) yang secara tradisional digunakan untuk penilaian aset tidak berwujud.
Teknik penilaian karya seni, bahkan digital, mengikuti tujuan penilaian (penilaian lelang, asuransi, untuk tujuan turun-temurun, untuk menjadi gadai atau konsekuensi pinjaman, untuk dimasukkan dalam anggaran, untuk penilaian yudisial dalam kasus perdata atau pidana litigasi, dll).
Seni adalah aset berwujud (lukisan, patung, dll.) Dengan fitur tidak berwujud (karena menghasilkan emosi, inspirasi, imitasi, empati, estetika, keindahan, dll.). Seni digital mendematerialkan fitur-fitur dasarnya tetapi “emosinya” bisa serupa. Inilah mengapa penilaian aset tidak berwujud konsisten dengan seni digital. Seni terdiri dari aset berwujud (atau digital-tidak berwujud) yang pada prinsipnya, seperti emas atau berlian, tidak dan tidak akan pernah menghasilkan arus kas kepada pemiliknya—tidak ada dividen, suku bunga, atau arus masuk likuid lainnya. Tetapi seni dapat dieksploitasi—kerajinan seni kadang-kadang dapat disewa, dijual dengan keuntungan modal, menghasilkan royalti moneter, dll. Dan digitalisasi memperluas kegunaan jauh melampaui pemilik formal seni digital.
Beberapa pendekatan dapat digunakan untuk penilaian seni digital:
- Pendekatan biaya
- Pendekatan pendapatan/keuangan
- Pendekatan pasar
Daftar Pustaka:
Moro-Visconti, Roberto (2022). The Valuation of Digital Intangibles, Technology, Marketing, and the Metaverse. Second Edition, Palgrave Macmillan